Gambaran organisasi ruang pada rumah Laksmana Maeda di Menteng, Jakarta, berdasarkan Household Archaeology

Muhamad Alnoza and Desfira Ramadhania Routhesa and Garin Dwiyanto Pharmasetiawan (2021) Gambaran organisasi ruang pada rumah Laksmana Maeda di Menteng, Jakarta, berdasarkan Household Archaeology. Forum Arkeologi, 34 (2). pp. 67-82. ISSN 0854-3232

[thumbnail of Forum Arkeologi] Text (Forum Arkeologi)
689 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)

Abstract

Rumah Laksamana Maeda merupakan rumah yang kaya akan sejarah dalam perjalanan Indonesiamenjadi negara. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Rumah Laksamana Maeda adalah tataruang dan perabotannya yang masih terjaga hingga sekarang. Rumah Laksamana Maeda dapat dikatakan masih mencerminkan nilai sosial yang ada pada masa itu. Kajian ini berusaha untuk merekonstruksi nilai sosial yang ada pada masa itu, melalui penataan ruang rumah Maeda dengan menggunakan paradigma arkeologi rumah. Metode yang digunakan dalam menjawabmasalah ini terdiri dari pengumpulan data, analisis dan interpretasi. Berdasarkan kajian yangtelah dilakukan, dapat diketahui bahwa penataan ruang di rumah Maeda berkaitan dengan kelas sosial para penghuninya. Penataan ruang dalam hal ini adalah juga termasuk aksesibiltas,ukuran ruang dan fasilitas. Kajian ini juga memberikan gambaran mengenai sosok Maeda yang bersifat hirarkis dalam menata rumahnya, sekaligus juga menunjukkan contoh pola penataan rumah mewah di Menteng pada masanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Admiral Maeda’s House, Household Archaeology, Menteng, Social Class. Arkeologi Rumah, Kelas Sosial, Rumah Laksamana Maeda, Menteng.
Subjects: Social and Political Sciences > Archaeology
Divisions: OR_Arkeologi_Bahasa_dan_Sastra > Arkeologi_Prasejarah_dan_Sejarah
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:19
Last Modified: 18 Apr 2023 04:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item
View Item