Ameilia, Cellina and Meilantifa, Meilantifa and Suhartono, Suhartono and Herfa, Maulina Dewi Soewardini (2022) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe “numbered head together (NHT)” dan “group investigation" (GI) di kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Journal of Mathematic Education Research (JMER), 1 (1): 3. pp. 12-16. ISSN 2829-6001
Jurnal_Ameilia Cellina_Univ. Wijaya Kusuma Surabaya_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (268kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran numbered head together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran group investigation (GI). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Hang Tuah 4, Surabaya yang sampel nya diambil dari kelas X IPA. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment design). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA dan sampel penelitian ini yaitu 16 siswa dari kelas X IPA 1 dan 16 siswa dari kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunkan instumen tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran GI. Hasil belajar siswa pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya yang diterapkan model pembelajaran NHT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran GI.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran NHT, Model pembelajaran GI, Perbandingan, Hasil belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:08 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 04:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15218 |