Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan blended learning terhadap hasil belajar pada materi logaritma matematika kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Dewi, Anggraita Dwi Fatmala and Endrayana, Putut Laksminto Emanuel and Meilantifa, Meilantifa and Amalia, Chamidah (2022) Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan blended learning terhadap hasil belajar pada materi logaritma matematika kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Journal of Mathematic Education Research (JMER), 1 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2829-6001

[thumbnail of Jurnal_Dewi Anggraita Dwi Fatmala_Univ. Wijaya Kusuma Surabaya_2022-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dewi Anggraita Dwi Fatmala_Univ. Wijaya Kusuma Surabaya_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang berpusat pada guru dapat menyebabkan siswa menjadi jenuh, hal ini akan berdampak pada hasil belajar. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran discovery learning dengan blended learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning pada materi logaritma di Kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan yaitu dokumentasi kegiatan, tes hasil belajar, dan observasi aktivitas peneliti. Sedangkan pengujian data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning menunjukkan nilai pre-test yang memiliki nilai rata-rata 62.28 dan mengalami peningkatan pada nilai post-test yang memiliki rata-rata 88.78.Penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning terbukti memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat melalui uji Sample Paired T-Test dengan bantuan program SPSS 23 for windows diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan blended learning terhadap hasil belajar Kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran discovery learning, Blended learning, Hasil belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:05
Last Modified: 03 Apr 2023 04:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item
View Item