Variasi musiman konsentrasi metan di kota Semarang dan Jakarta

Toni, Samiaji (2015) Variasi musiman konsentrasi metan di kota Semarang dan Jakarta. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer 2015, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Toni Samiaji_PSTA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Toni Samiaji_PSTA_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gas metan dapat diemisikan dari lahan yang dilanda banjir. Kota Semarang adalah kota yang sering dilanda banjir. Oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai karakteristik konsentrasi metan di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi musiman terhadap konsentrasi metan di Kota Semarang, kemudian hasilnya dibuktikan dengan hasil dari Kota Jakarta yang juga sering dilanda banjir. Data konsentrasi metan diperoleh dari sensor TES pada satelit Aura situs NASA, dari tahun 2004 hingga 2010.Hasil penelitian untuk Kota Semarang menunjukkan bahwa konsentrasi metan permukaan pada musim penghujan (DJF, Desember-Januari-Februari) lebih tinggi daripada musim peralihan (MAM, Maret-April-Mei dan SON, September-Oktober-November) dan musim kemarau (JJA, Juni-Juli-Agustus). Namun untuk profil konsentrasi metan di troposfer menunjukkan fenomena yang sebaliknya. Demikian pula variasi musiman kolom total metan menunjukkan pola yang sama dengan profil konsentrasi metan maksimum yakni pada musim kemarau adalah lebih tinggi daripada musim penghujan dan musim peralihan (MAM). Hasil ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari Kota Jakarta dan sekitamya yang menunjukkan fenomena yang sama.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi gas metan, Variasi musiman
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Perubahan Iklim
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 03 Apr 2023 00:43
Last Modified: 03 Apr 2023 00:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item
View Item