Pengembangan bank data basil pengamatan BPD Pontianak untuk mendukung basis data atmosfer Indonesia

Siti, Maryam and Ahmad, Zulfiana Utama (2015) Pengembangan bank data basil pengamatan BPD Pontianak untuk mendukung basis data atmosfer Indonesia. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer 2015, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Siti Maryam dk_PSA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Siti Maryam dk_PSA_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pusat Sains Antariksa telah membangun sistem repository data sains antariksa lattps://rdsa.bda.lapan.gold. Sistem ini menampung data hasil pengamatan parameter atmosfer Balai Pengamatan Dirgantara Pontianak yaitu Disdrometer, Ozon, CO2, AWS, MAWS. Sistem ini perlu dikembangkan ke arah basis data agar dapat diintegrasikan dengan sistem bank data atmosfer indonesia yang dibangun Pusat Teknologi Atmosfer. Makalah ini membahas pengembangan Bank Data Hasil Pengamatan BPD Pontianak menggunakan metode basis data relasional RDBMS (Relational Database Management System). SQL Server dan MySQL Workbench merupakan aplikasi untuk merancang basis data. Perancangan basis data parameter atmosfer Disdrometer, Ozon, CO2, AWS, MAWS BPD Pontianak diharapkan akan memperbaiki penataan struktur file data pengamatan. Dengan metode ini diharapkan akan diperoleh rancangan basis data yang dapat disimpan pada server data pengamatan dan dapat diintegrasikan dengan basis data atmosfer Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: Bank data, RDBMS, Integrasi
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Instrumentasi dan Basis Data Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:43
Last Modified: 31 Mar 2023 02:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item
View Item