Rancangan sistem pengolahan bijih uranium rirang: digester berpengaduk

Erni R.A and Susilaningtyas (1996) Rancangan sistem pengolahan bijih uranium rirang: digester berpengaduk. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_Erni R.A_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Erni R.A_PTBBN_1996.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dirancang digester digunakan untuk melarutkan unsur-unsur yang terkandung dalam bijih Rirang. Telah dirancang tangki digester berdasarkan data percobaan digesti skala laboratorium dengan bahan tahan asam ((SS-316) dan tertutup karena proses menggunakan pelarut asam pekat pada suhu tinggi. Bentuk tangki dipilih silinder dengan bentuk dasar elips dan pengaduk berbentuk pitched blade turbine karena massa yang dihasilkan berbentuk lumpur dan mudah membentuk kerak. Hasil rancangan menunjukkan ukuran tangki, tinggi 33 cm, diameter luar 22 cm, tinggi dasar tangki 4 cm; ukuran daun pengaduk, panjang 8cm. lebar daun 1,6 cm; jarak titik pusat ke dasar tangki 8 cm. Kecepatan pengaduk maksimal 500 rpm dengan tenaga gerak pengaduk 0.007 Hp. Jumlah panas yang diperlukan 1950 watt. Hasil uji coba digesti pada digester hasil rancangan sesuai dengan percobaan skala laboratorium.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:39
Last Modified: 31 Mar 2023 04:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item
View Item