Pengeringan gel UO₃

Wardaya and Setyo Sulardi and Sugiyanto (1995) Pengeringan gel UO₃. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN, 21-22 Maret 1995, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Wardaya_Pusat Penelitian Nuklir Yogyakarta_1995.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Wardaya_Pusat Penelitian Nuklir Yogyakarta_1995.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Telah dilakukan pengeringan gel UO₃ untuk menentukan kondisi operasi pengeringan yang baik. Butiran gel UO₃ yang dibuat melalui proses hidrolisis, Setelah dicuci dikeringkan dalam tungku pengeringan pada suhu yang bervariasi. 50; 60;70;80 dan 90 °C dan dikeluarkan untuk ditimbang secara periodik (tiap 35 menit) sampai diperoleh berat tetap. Pada penelitian ini diamati berat sampel versus waktu pengeringan dan bentuk visual butir, setelah pengeringan butir dikalsinasi pada suhu 300 selama 3 jam untuk mengevaluasi efek proses pengeringan yang baru tampak setelah proses kalsinasi. Dari data percobaan dibuat grafik berat sampel versus waktu, kadar air versus waktu, kecepatan pengeringan versus waktu dan kecepatan pengeringan versus kadar air. Dan penelitian ini diperoleh bahwa suhu yang baik untuk pengeringan adalah 80 °C, waktu yang diperlukan 420 menit, pengeringan sebaiknya dijaga dengan kecepatan pengeringan dX/dt tidak melebihi 0,001 /menit dan kadar air dalam gel kering tidak melebihi 0,01 g/g kering.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 27 Mar 2023 05:56
Last Modified: 31 Mar 2023 14:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15091

Actions (login required)

View Item
View Item