Faktor moderasi pada berbagai model elemen bakar plat

As Natio, Lasman and Hilman, Ramli (1996) Faktor moderasi pada berbagai model elemen bakar plat. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_As Natio Lasman_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_As Natio Lasman_PTBBN_1996.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Elemen bakar plat adalah merupakan satu diantara jenis elemen bakar yang banyak digunakan di dalarn xuktor-raktor riet mauptm reaktor-raktcr produksi iamop. Dibandin*an dengan jenis elemen beer, dengan demikian pemanfaatan elemen bakar ini menjadi lebih menarik karena panas yang dilusilkan oleh ruksi fisi maupun oleh panas g dapat dipindahkan dengan lebih ke pendingin. Altinya bahwa dengan mengunakan elanen bakar ini dimungkinkan untuk mendapatkan nuks neutron berorde tinggi. Berdasar atas hal tersebut maka beberapa ikt, pengkayaan A5U, kerapatan uranitun, material calnpuran pada daerdl mut dan kelongsong, perbandingan moderasi, lung diperhitungkan. Faktor moderasi mempunyai yang sangat penting, yakni di dalarn aspek reaksi berantai, aspek keselamatan dan pemanfaatan yang optimal terhadap elemen bakar. Koefisien reaktivitas negatif diperlulm untuk memenuhi aspek keselamatan. Faktor moderasi sangat bergantung pada volume air yang berada di antara bahan bakar plat. Di dalam makalah ini dibahas model elemen baku yang mempunyai 15, 17, 19, 21, 23, 25, 27, 29 dan 31 buah bahan bakar plat. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan VYB.ß-D4. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa elemen bakar yang mempunyai bahan bakar plat hingga 23 buah masih dapat digolongkan ke dalam kondisi over moderated. Sementara itu koefisien reaktivitas dari elemen-elemen bakar yang dibahas di atas masih tetap dalam kategori negatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
IPTEK > BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:38
Last Modified: 27 Mar 2023 02:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item
View Item