Pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam

Mawaddah, Nasution and Nur, Ainun and Nurul, Zahriani (2022) Pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 5. pp. 27-33. ISSN 2963-8968

[thumbnail of Abdi Cendekia_Mawaddah Nasution_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_5.pdf]
Preview
Text
Abdi Cendekia_Mawaddah Nasution_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya pembinaan karakter dan peningkatan intelektual anak sejak dini. Melalui pendidikan, manusia tidak hanya diajarkan tentang pengetahuan dan wawasan keilmuan, lebih dari itu juga dibina karakter dan kehidupan spiritualitas. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Adapun sumber data dan bahan analisa kajian menggunakan literatur ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang guru tidak hanya mentransfer pengetahuan kepada siswa, tetapi juga bagaimana mendidik murid-muridnya menjadi orang baik. Sehingga, para siswa akan menjadi orang-orang baik yang memiliki ilmu dan agama. Dalam pendidikan Islam, siswa tidak hanya diberikan kemampuan intelegensi, tetapi juga intelegensi emosional, sosial dan spiritual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hakikat Pendidik, Pendidikan Islam, Pengabdian, Pengajaran
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:46
Last Modified: 17 Mar 2023 09:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item
View Item