Mawaddah, Nasution and Nur, Ainun and Nurul, Zahriani (2022) Pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 5. pp. 27-33. ISSN 2963-8968
Abdi Cendekia_Mawaddah Nasution_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (204kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan upaya pembinaan karakter dan peningkatan intelektual anak sejak dini. Melalui pendidikan, manusia tidak hanya diajarkan tentang pengetahuan dan wawasan keilmuan, lebih dari itu juga dibina karakter dan kehidupan spiritualitas. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Adapun sumber data dan bahan analisa kajian menggunakan literatur ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang guru tidak hanya mentransfer pengetahuan kepada siswa, tetapi juga bagaimana mendidik murid-muridnya menjadi orang baik. Sehingga, para siswa akan menjadi orang-orang baik yang memiliki ilmu dan agama. Dalam pendidikan Islam, siswa tidak hanya diberikan kemampuan intelegensi, tetapi juga intelegensi emosional, sosial dan spiritual.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hakikat Pendidik, Pendidikan Islam, Pengabdian, Pengajaran |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 09:46 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 09:46 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15017 |