Ruang lingkup dan pelatihan keprofesian guru pendidikan agama Islam

Sari, Kiswah Rambe and Nurul, Zahriani and Nanda, Arifa Albi and Yudho, Pratama (2022) Ruang lingkup dan pelatihan keprofesian guru pendidikan agama Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 4. pp. 22-26. ISSN 2963-8968

[thumbnail of Abdi Cendekia_Sari Kiswah_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_4.pdf]
Preview
Text
Abdi Cendekia_Sari Kiswah_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (139kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai profesi dipandang sebagai suatu hal yang mulia. Sebab, guru mendidik berbagai profesi lainnya pada awal permulaan, guna menginternalisasikan nilai-nilai luhur atau karakter bagi peserta didik. Artikel ini ditulis dengan tujuan menganalisis tentang ruang lingkup profesi keguruan pendidikan agama Islam. Adapun metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penemuan menjelaskan bahwa Profesi keguruan adalah tugas guru dalam pembelajaran yang dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil belajar siswa untuk tujuan perbaikan. Pendidikan Islam adalah suatu proses penyiapan generasi muda agar terbentuknya kepribadian Muslim yang sempurna dengan teoriteori dan konsep berdasarkan ajaran Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Islam, Profesi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:34
Last Modified: 17 Mar 2023 07:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item
View Item