Pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah (melalui kajian teori-teori kepemimpinan yang sesuai diterapkan untuk sekolah)

Melisa, Anggraini and Frida, Sari Samosir and Wajihan, Nihaya Pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah (melalui kajian teori-teori kepemimpinan yang sesuai diterapkan untuk sekolah). Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 2. pp. 10-17. ISSN 2963-8968

[thumbnail of Abdi Cendekia_Melisa Anggraini_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_2.pdf]
Preview
Text
Abdi Cendekia_Melisa Anggraini_Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara_2022_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa teori-teori kepemimpinan sebagai landasan dalam pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat post-positivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen), di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kepala Sekolah adalah pimpinan tertinggi di sekolah. Pola kepemimpinananya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Pelatihan Kepemimpinan, Teori Pendidikan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:55
Last Modified: 17 Mar 2023 04:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item
View Item