Aldina, Shiratina and Dinar, Nur Affini (2022) Strategi pemasaran UMKM di saat pandemi Covid-19 dengan penerapan e-marketing untuk menjaga keberlanjutan usaha. Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2): 10. pp. 108-112. ISSN 2809-7947
Jurnal_Aldina Shiratina_Universitas Mercu Buana Jakarta_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (272kB) | Preview
Abstract
Menjaga keberlangsungan strategi pemasaran UMKM di era pandemi covid-19 dengan peran motivasi dan teknologi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM adalah dengan mengoptimalkan digital marketing khususnya di sektor peningkatan social media marketing, online advertising, video marketing, search engine marketing, dan website management. Dengan digitalisasi pemasaran, para pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan engagement online untuk mengembangkan skala usaha di masa pandemi Covid-19. Ketepatan dalam pemilihan media yaitu dengan perkembangan teknologi, dengan tren perilaku konsumen di media elektronik atau penggunaan teknologi, secara otomatis memberikan opini yang menimbulkan pertimbangan bagi calon konsumen lainnya untuk melakukan pembelian. Melalui sosialisasi mengenai situasi pandemi Covid-19 ini, beberapa hal yang telah dilakukan oleh UMKM di Kota Jakarta menyampaikan beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan. Dengan kata lain, model kewirausahaan digital dengan penerapan teknologi akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi untuk menciptakan ekosistem baru bagi UMKM yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan memberikan informasi tentang solusi dalam teknik ini, para pelaku UMKM akan terus termotivasi untuk menggunakan teknologi dalam jaringan untuk memasarkan produknya. Serta menerapkan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan era digitalisasi saat ini agar dapat melakukan pemasaran di masa pandemi Covid-19 dengan keuntungan yang menguntungkan serta produk dan layanan dapat lebih dikenal oleh konsumen yang mengakses platform digital UMKM.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Pemasaran digital, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:35 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14994 |