Studi perubahan fasa padat baja ferito-perlitik XC42 pada siklus termal cepat

Suwardi, Suwardi (1993) Studi perubahan fasa padat baja ferito-perlitik XC42 pada siklus termal cepat. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Suwardi_Pusat eksplorasi bahan nuklir_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Suwardi_Pusat eksplorasi bahan nuklir_1993.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Karakterisasi perubahan fasa dilakukan dengan metode termodilatometri, metalografi optik dan kekerasan mikro Vickers. Pemanasan dikerjakan secara induksi frekuensi tinggi, lajunya divariasi dari - 75 sampai dengan - 900 K/s. sedang temperatur austenisasi maksimal divariasi dari 820° sampai dengan 1130°C Dipilih pendinginan dengan semprotan gas He dan benda uji be rbentuk pipa agar pendinginan selalu di atas laju kritis transformasi martensit, pada prakteknya di atas 360°C. Pengaruh laju pemanasan terhadap temperatur kritik austenisasi (AC₁, AC₃) dan pengaruh temperatur austenisasi terhadap temperatur perubahan martensit (Ms) telah dipelajari secara kuantitatif. AC₁, AC, dan selang antara keduanya cenderung naik sejalan dengan laju pemanasan. demikian pula Ms dan ukuran bulir austenit naik sejalan dengan temperatur austenisasi. Dipelajari pula hubungan antara parameter-parameter tersebut dengan struktur dan kekerasan mikro. Hasil penelitian ini berguna antara lain pada pemodelan dan perancangan pengerasan permukaan dengan fluks energi tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Pengolahan Bahan Galian Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Pengolahan Bahan Galian Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:08
Last Modified: 16 Mar 2023 08:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item
View Item