Strategi pemasaran untuk menjaga keberlanjutan kehidupan UMKM peran motivasi dan teknologi di era pandemi Covid-19

Aldina, Shiratina and Ngadino, Surip (2022) Strategi pemasaran untuk menjaga keberlanjutan kehidupan UMKM peran motivasi dan teknologi di era pandemi Covid-19. Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2): 3. pp. 63-68. ISSN 2809-7947

[thumbnail of Jurnal_Aldina Shiratina_Universitas Mercu Buana Jakarta_2022-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Aldina Shiratina_Universitas Mercu Buana Jakarta_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Preview

Abstract

Menjaga keberlangsungan strategi pemasaran UMKM di era pandemi covid-19 dengan peran motivasi dan teknologi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan para pelaku UMKM adalah dengan mengoptimalkan digital marketing khususnya dalam meningkatkan social media marketing, online advertising, video marketing, search engine marketing, dan website management. Dengan digitalisasi pemasaran, para pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan engagement online untuk mengembangkan skala usaha di masa pandemi Covid-19. Ketepatan dalam pemilihan media, yaitu dengan perkembangan teknologi, dengan tren perilaku konsumen di media elektronik atau penggunaan teknologi, secara otomatis memberikan opini yang menimbulkan pertimbangan bagi calon konsumen lain untuk melakukan pembelian. Melalui sosialisasi mengenai situasi pandemi Covid-19 ini, beberapa hal yang telah dilakukan UMKM di Kota Jakarta menyampaikan beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan. Dengan kata lain, model kewirausahaan digital dengan penerapan teknologi akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi untuk menciptakan ekosistem baru bagi UMKM yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan memberikan informasi tentang solusi dalam teknik ini, pelaku UMKM akan terus termotivasi untuk menggunakan teknologi dalam jaringan untuk memasarkan produknya. Selain itu, terapkan motivasi bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan era digitalisasi saat ini agar dapat melakukan pemasaran di masa pandemi Covid-19 dengan keuntungan yang baik serta produk dan layanan dapat lebih dikenal oleh konsumen yang mengakses platform digital UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UMKM, Digital Marketing, Pandemi COVID-19
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:57
Last Modified: 16 Mar 2023 04:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item
View Item