Variasi diurnal awan di atas Indonesia tahun 2014

Farid, Lasmono and Suaydi, Suaydi and Aisya, Nafiisyanti (2015) Variasi diurnal awan di atas Indonesia tahun 2014. In: Prosiding SNSA 2015, 2015, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Farid Lasmono dkk_PSTA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Farid Lasmono dkk_PSTA_2015.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Liputan awan merupakan salah satu elemen penting di atmosfer yang turut mempengaruhi cuaca serta mampu diaplikasikan secara praktis, misalnya dalam melakukan estimasi curah hujan. Untuk itu dibutuhkan informasi mengenai jenis-jenis awan dan penyebarannya dengan tujuan agar dapat membedakan antara awan konvektif, seperti cumolonimbus (Cb), dengan tipe awan lainnya, seperti cirrus (Ci), yang bersuhu rendah tapi tidak menurunkan hujan. Makalah ini menyajikan hasil analisis tentang karakteristik diurnal dan distribusi tipe awan di Indonesia, serta frekuensi kemunculan tipe-tipe awan tersebut pada tahun 2014. Dengan menggunakan metode ambang batas 2D-THR pada data pengamatan MTSAT dan diolah menjadi data suhu benda hitam (TBB) serta pengklasifikasian awan tersebut kedalam tipe-tipe, didapatkan bahwa variasi diurnal tipe awan di atas Indonesia pada tahun 2014 yang terlihat jelas adalah awan cumolonimbus, dimana tipe awan ini terkonsentrasi di atas lautan pada pagi dan siang hari, dan pada sore hari hingga malam hari terkonsentrasi di atas daratan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: Tipe awan, Ambang batas, Diurnal, MTSAT
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:45
Last Modified: 16 Mar 2023 01:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item
View Item