Analisis prosedur akuntansi piutang badan penyelenggara jaminan kesehatan sosial (studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin)

Masri, Ermawijaya (2022) Analisis prosedur akuntansi piutang badan penyelenggara jaminan kesehatan sosial (studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 5 (2): 9. pp. 229-245. ISSN 2620-6110

[thumbnail of Jurnal_Masri Ermawijaya_STIE Rahmaniyah Sekayu_2022-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Masri Ermawijaya_STIE Rahmaniyah Sekayu_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur piutang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dengan cara teknik analisis kualitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder sehubungan prosedur piutang BPJS Kesehatan. teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pencatatan piutang BPJS kesehatan oleh bendahara RSUD Sekayu terjadi selisih hitung sebesar Rp. 38.650.000 hal ini disebabkan adanya perangkapan tugas dimana bendahara, kasir dan bagian pembukuan dikerjakan oleh 1 orang dan menunda pencatatan dokumen pasien peserta BPJS sehingga. laporan piutang yang disajikan tidak yang semestinya. Prosedur penerimaan piutang BPJS sudah berjalan cukup baik dimulai dari adanya surat penagihan pembayaran dari RSUD Sekayu kepada BPJS, bukti bayar BPJS kepada RSUD Sekayu dan Bukti Validasi dari Kantor Kas Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu Upaya yang dilakukan RSUD di masa yang akan datang adalah adanya pemisahan tugas dan personil dan memperbaiki prosedur pencatatan dan tetap meningkatkan prosedur penagihan kepada BPJS sehingga penerimaan piutang BPJS Kesehatan dapat diterima tepat waktu oleh RSUD Sekayu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Piutang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Subjects: Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:32
Last Modified: 15 Mar 2023 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14937

Actions (login required)

View Item
View Item