Analisis sistem pengendalian internal berbasis coso pada pembiayaan di Bank Negara Indonesia Syariah (study kasus pada Bank Negara Indonesia KCP Indralaya)

Mahdi, Hendrich and Kemas, Welly Angga Permana (2022) Analisis sistem pengendalian internal berbasis coso pada pembiayaan di Bank Negara Indonesia Syariah (study kasus pada Bank Negara Indonesia KCP Indralaya). Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 5 (2): 1. pp. 94-111. ISSN 2620-6110

[thumbnail of Jurnal_Mahdi Hendrich_Universitas Sjakhyakirti Palembang_2022-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mahdi Hendrich_Universitas Sjakhyakirti Palembang_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal pada pembiayaan di Bank BNI Syariah KCP Indralaya. Dalam hal ini berguna untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenaipengendalian internal penyaluran pembiayaan yang diterapkan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yangmengambil satu objek penelitian yaitu Bank BNI Syariah KCP Indralaya dengan metode penelitian deskriptif kualitatif . Deskriptif kualitatif yang berupa kata-kata lisan dan tulisan tentang tingkah laku manusia yang bisa diamati. Metode pengumpulan data dengan menggunakanwawancara, observasi dan dokumentasi,Analisis data pada penelitian ini terdapat tiga jalur analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal pada pembiayaan di Bank BNI Syariah KCP Indralaya sudah cukup baik. Namun ada beberapa unsur-unsur dari Sistem Pengendalian Internal yang masih harus diperbaiki. Misalnya belum adanya khusus petugas Collection sehingga menimbulkan kinerja karyawan tidak begitu maksimal dan tingkat rasio Net Peforming Financing yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pengendalian internal, Pembiayaan
Subjects: Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:17
Last Modified: 15 Mar 2023 02:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

View Item
View Item