Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode problem posing siswa kelas IX-G SMPN 244 Jakarta

Purwidi, Sumaryanto (2022) Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode problem posing siswa kelas IX-G SMPN 244 Jakarta. Jurnal Ki Hajar Dewantara, 1 (1): 4. pp. 51-66. ISSN 2828-5158

[thumbnail of Jurnal Ki Hajar Dewantara_Purwidi_2022_4.pdf]
Preview
Text
Jurnal Ki Hajar Dewantara_Purwidi_2022_4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris peningkatan hasil belajar Matematika tentang penguasaan konsep soal cerita materi Fungsi Kuadrat pada siswa kelas IX G SMP N 244 Jakarta Melalui metode Problem posing. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 244 Jakarta dengan subjek penelitian siswa SMP kelas IX-G semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2020/2021. Problem posing adalah kegiatan perumusan soal atau masalah oleh peserta didik. Peserta didik hanya diberikan situasi tertentu sebagai stimulus dalam merumuskan soal/masalah. Berkaitan dengan situasi yang dipergunakan dalam kegiatan perumusan masalah/soal dalam pembelajaran matematika, soal dapat dibangun melalui beberapa bentuk, anatara lain gambar, benda manipulatif, permainan, teorema/konsep, alat peraga, soal, dan solusi dari soal. Problem posing dapat juga dibedakan menjadi dua macam situasi atau konteks, yaitu konteks formal bisa dalam bentuk simbol (kalimat matematika) atau dalam kelimat verbal, dan kontek informal berupa permainan dalam gambar atau kalimat tanpa tujuan khusus. Berdasarkan deskripsi hasil pengamatan dan evaluasi siklus di atas menunjukkan bahwa pemberian tindakan pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Problem posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan yaitu dari siklus I, Sikluas II walaupun masih ada 6 orang siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) materi Fungsi kuadrat. Oleh karena itu, tindakan perbaikan tidak akan dilaksanakan pada siklus berikutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Metode Problem Posing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 15 Mar 2023 00:41
Last Modified: 15 Mar 2023 00:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14912

Actions (login required)

View Item
View Item