Rancang bangun fitur chatbot pada website Politeknik Masamy Internasional

Inggrid, Yanuar Risca Pratiwi and Yahdi, Ikhwan and Rifki, Zainur Rahman (2022) Rancang bangun fitur chatbot pada website Politeknik Masamy Internasional. Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering, 1 (1): 4. pp. 22-27. ISSN 2963-9026

[thumbnail of Jurnal_Inggrid Yanuar Risca Pratiwi_Politeknik Masamy Internasional Banyuwangi_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Inggrid Yanuar Risca Pratiwi_Politeknik Masamy Internasional Banyuwangi_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB) | Preview

Abstract

Jumlah pengguna yang ingin mengajukan pertanyaan dalam waktu bersamaan pada website kampus POLMAIN semakin banyakdan membutuhkan respon dengan cepat sehingga perancangan fitur chatbot ini diharapkan dapat membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut untuk mempercepat pengguna mendapatkan informasi tentang kampus POLMAIN serta agar websitekampus POLMIN lebih interaktif karena dapat melakukan tanya jawab untuk memberikan informasi. Chatbot pada website kampus POLMAIN ini dibangun menggunakan platform Eva.id. Perancangan fitur chatbot website kampus POLMAIN ini memilikibeberapa tahap yaitu identifikasi masalah, identifikasi dataset melalui survei pertanyaan, pengumpulan data, membuat dataset, identifikasi spesifikasi perangkat kersa dan perangkat lunak, perancangan chatbot, implementasi chatbot dan ujicoba. Hasil survei pertanyaan dijadikan sebagai dataset knowledge base pertanyaan pada chatbot. Platform Eva.id membantu pembuatan fitur chatbot ini dimana penulis memasukkan dataset kedalam fitur knowledge based pada platform Eva.id. Knowledge based telah terbentuk, selanjutnya adalah tahap pengintegrasian chatbot ke website kampus POLMAIN dilakukan dengan menyalin script web widget dengan bahasa javascript di fitur channel dari platform Eva.id, selanjutnya script tersebut ditambahkan dalam script tampilan website POLMAIN. Fitur chatbot ini memiliki dua(2) hak akses yaitu admin dan pengguna. Admin dapat mengelola pertanyaan, jawaban, keyword dan live chat. Pengguna dapat bertanya melalui bot atau melalui live chat dan menerima jawaban pertanyaan.Fitur chatbot pada website POLMAIN ini dapat membuat fungsi website sebagai pusat informasi yang lebih dinamis dan realtime tanpa harus membuka platform lain seperti aplikasi chatting Whatsapp karena memiliki fasilitas live chat sehingga lebih efisien dan mudah digunakan.Kata

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Eva.id, Rancang bangun
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Mar 2023 11:59
Last Modified: 13 Mar 2023 11:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item
View Item