Inventarisasi sumberdaya U di daerah Mentawa dan Seruyan Kalimantan Tengah tahapan prospeksi detil

Ramadanus, Ramadanus and Sudjiman, Sudjiman and Agus, S (1996) Inventarisasi sumberdaya U di daerah Mentawa dan Seruyan Kalimantan Tengah tahapan prospeksi detil. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_Ramadanus_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ramadanus_PTBBN_1996.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indikasi pemineralan U pada granit biotit dengan radiometri I .500 cps dan bongkah-bongkah metalanau 500 cps - 15.000 cps telah ditemukan di S. Mentawa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi geologi dan pemineralan I.J dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan mengenai potensi sumberdaya U. Metode yang dilakukan adalah pemetaan geologi, pengukuran radiometri dan pembuatan kupasan pada lokasi anomali singkapan terpilih. Pengambilan contoh batuan dari singkapan dan bongkah anomali, serta endapan sungai berupa lumpur dan mineral berat. Penelitian ini juga didukung oleh analisis laboratorium berupa analisis petrografi, mineragrafi, autoradiografi, kadar U total dan kadar U mobil. Hasil penelitian ini berupa stratigrafi daerah penelitian terdiri dari satuan sekis dan satuan tonalit. Singkapan pemineralan U yang dijumpai pada batuan sekis umumnya berupa uraninit, mengisi bukaan berarah SSE-NNW miring subvertikal-vertikal. Pemineralan U pada bongkah berupa uraninit, gumit dan autonit berasosiasi dengan tunnalin. Pemineralan-pemineralan U tersebut dijumpai di S. Mentawa Satu dan Hulu S. Rengka dengan luas penyebaran anotnali ± 7 km2.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 11 Mar 2023 03:40
Last Modified: 11 Mar 2023 03:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item
View Item