Fiksasi molibdenum dari larutan pelindian bijih uranium dengan karbon aktif

Mainar, S and Guswita, Alwi and Erni, R.A and Susilaningtyas, Susilaningtyas (1996) Fiksasi molibdenum dari larutan pelindian bijih uranium dengan karbon aktif. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_Mainar S_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Mainar S_PTBBN_1996.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian fiksasi Mo dari lanıtan hasil pelindian bijih U dengan menggunakan karbon aktif dengan metode bulk dan diaduk untuk menghilangkanhnengurangi molibdenuın dalam larutan. İni karena Mo berpengaruh pada proses pemunıian U dengan resin penukar ion atau ekstraksi pelarut. Proses fiksasi dipengaruhi cleh beberapa parameter, diantaranya luas pennukaan butir karbon aktif, diameter pori, perbandingan berat karbon *tifdengan volüme larutan, dan waktu kontak. Hasil peneIİtİan ınenunjukkan bahwa pada kondisİ 4 gr karbon/ 100 ml larutan dengan ukuran butir 0,85 - 1,18 mm, dan waktu kontak 6 jam, Mo difiksasi sebanyak 0.50 mmol U yang İkut difiksasi sebanyak 0,026 ınmol dalam lanıtan yang mengandung Mo 0,56 m mol dan U 0,25 mol. Lantan umpan yang mengandung RE tinggİ menurunkan fiksasi Mo oleh karbon, sehingga pemakaian karbon aktif untuk memisahkan Mo dari lanıtan hasil digesti bijih Rirang kurang efektif dimana Mo difiksasi 34,5 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 11 Mar 2023 03:38
Last Modified: 11 Mar 2023 03:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item
View Item