Eksplorasi "U" dengan metode magnetik di Sektor Bubu, Kalimantan Barat

M, Nurdin and Subardjo, Subardjo and Setyo, Darmono and Slamet, S (1996) Eksplorasi "U" dengan metode magnetik di Sektor Bubu, Kalimantan Barat. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_M Nurdin_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_M Nurdin_PTBBN_1996.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Eksplorasi ini didasarkan pada temuan mineralisasi NUR yang berasosiasi dengan mineral-mineral magnetit, ilmenit, pirit dan pirhotit yang mengisi rekahan-rakahan dengan jalur berarah baratlaut-tenggara. Sasaran dan tujuan eksplorasi ini adalah untuk mengetahui jalur-jalur mineralisasi bawah pemukaan dan kedalaman serta tebal dari tubuh mineralisasi, guna menunjang pengembangan eksplorasi "U" . Metode yang dilakukan adalah metode magnetik, karena metode ini sangat baik untuk mendeteksi mineral-mineral logam yang bersifat magnet (magnetit). Parameter yang diukur berupa medan magnet total yang kemudian dituangkan dalam bentuk peta kesarnaan medan magnet total. Dari peta kesamaan dijumpai 4 (empat) pole magnet berarah baratlaut-tenggara, selanjutnya dibuat model tubuh mineralisasi dengan perangkat lunak GeosoQ. Pemodelan magnet tersebut menunjukkan penyebaran jalur mineralisasi dalam bentuk dua dimensi. Pemodelan ini dipadukan dengan peta geologi Sektor Bubu, menghasilkan peta gabungan. Dari peta gabungan tersebut diperoleh jalur favomble dengan lebar ± 25 meter dan kedabman 3,5 meter yang berada pada litologi kuarsit dan filit, berarah baratlaut-tenggara, sehingga dapat disimpulkan bahwa mineralisasi dikontrol oleh struktur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:54
Last Modified: 10 Mar 2023 03:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item
View Item