Prospek bahan bakar uranium silisida dengan Si hipostoikiometrik (kadar Si<= 3,7%)

Asmedi, Suripto and Sardjono, Sardjono and Martoyo, Martoyo (1996) Prospek bahan bakar uranium silisida dengan Si hipostoikiometrik (kadar Si<= 3,7%). In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_Asmedi Suripto_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Asmedi Suripto_PTBBN_1996.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Upaya untuk mendapatkan tingkat-muat tinggi dengan bahan bakar uranium silisida U3Si2 dengan teknologi fabrikasi yang telah dikuasai saat ini hanya akan mampu mencapai tingkat-muat sedikit diatas 5 gU/cm3 . Perolehan tingkat-muat di atas aras itu tidak dimungkinkan oleh adanya keterbatasan fabrikabilitas. Untuk menanggulangi barier fabrikabilitas itu difikirkan penggunaan bahan bakar dengan basis uranium silisida U3Si2 saja. Kelebihan U ini diperoleh dengan mensintesis U3Si2 pada keadaan Si hipostoikiometrik, tanpa menerapkan heat treatment terhadap ingot yang diketahui akan dapat menimbulkan U3Si yang tidak dikehendaki. Kelebihan U diharapkan akan bereaksi dengan matriks Al membentuk senyawa UAlx yang keberadaannya dapat diterima. Eksperimen untuk menjajagi kemungkinan menyiapkan dan menggunakan campuran bahan bakar itu telah dilakukan dengan melakukan sintesis campuran U3SirU pada komposisi kadar Si 3,7 % berat dan 3 % berat. Ingot dapat diperoleh dan dijadikan serbuk dengan cukup berhasil dan kemudian difabrikasi menjadi pelat elemen bakar eksperimental untuk diamati derajat interaksi antara U bebas dan matriks Al sclama pengerjaan panas yang berlangsung selama perolan pelat elemen bakar. Penelitian masih akan diteruskan untuk tahapan-tahapan lebih lanjut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:40
Last Modified: 10 Mar 2023 03:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item
View Item