Peningkatan hasil belajar bahasa Jawa geguritan melalui metode think pair share pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Wedi Kabupaten Klaten

Kinasih, Yuliastuti and Bayu, Indrayanto (2022) Peningkatan hasil belajar bahasa Jawa geguritan melalui metode think pair share pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Wedi Kabupaten Klaten. Widya Didaktika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1): 6. pp. 35-45. ISSN 2962-4282

[thumbnail of Jurnal_Kinasih Yuliastuti_SMAN 1 Wedi Klaten_2022-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kinasih Yuliastuti_SMAN 1 Wedi Klaten_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Jawa, pokok bahasan geguritan pada kelas XI IPA 2 SMAN 1 Wedi Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindak kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selanjutnya untuk mengkaji kemungkinan keberhasilan pembelajaran tersebut digunakanlah metode Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan. Data memperlihatkan terjadi peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 85% siswa tuntas KKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Think pair share, Pembelajaran, Bahasa Jawa (geguritan)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:51
Last Modified: 10 Mar 2023 02:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item
View Item