Ronggo, Warsito (2022) Pengembangan karakter siswa melalui implementasi nilai-nilai luhur pancasila. Widya Didaktika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2962-4282
Jurnal_Ronggo Warsito_Universitas Widya Dharmma Klaten_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (504kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP sebagian besar masih menerapkan model yang dominan pada penguasaan konseptual. Evaluasi aspek afektif belum mendapatkan porsi yang semestinya. Tujuan kajian ini ingin mengetahui (1) strategi pengembangan karakter siswa melalui implementasi nilai-nilai luhur Pancasila, (2) kendala-kendala yang muncul dalam pengembangan karakter siswa, dan (3) solusi yang diambil dalam pengembangan karakter siswa melalui implementasi nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini berbentuk studi eksploratif dengan paradigma kualitatif. Strategi penelitian adalah tunggal terpancang. Riset dijalankan di SMP N 1 Simo, Boyolali. Waktu riset tahun akademik 2021/2022. Guru dan siswa PPKn kelas VIII SMP N 1 Simo tahun pelajaran 2021/2022 adalah subjek penelitian. Wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data. Teknik triangulasi sumber dan metode digunakan untuk menjamin keabsahan data. Data dianalisis dengan interaktif model. Penelitian menyimpulkan: (1) strategi pengembangan karakter melalui teladan dan pembiasaan, (2) kendala yang muncul karena memandang mudah belajar PPKn, dan (3) solusi yang diambil adalah penyadaran bahwa pembelajaran PPKn amat penting dalam pengembangan karakter siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan karakter, Pancasila |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 02:31 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14782 |