Armiyani, Armiyani (2022) Peningkatan hasil belajar fisika materi fluida statis menggunakan metode multi representasi pada siswa kelas XI. Inspirator Guru, 4 (6): 7. pp. 61-70. ISSN 2654-2536
Jurnal_Armiyani_SMAN 1 Lingga_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (389kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statis siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Lingga tahun pelajaran 2022/2023 melalui metode pembelajaran multi representasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Lingga. Pada penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode pembelajaran multi representasi yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 24 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran Fisika dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif multi representasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan metode pembelajaran multi representasi dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa kelas XI MIPA 1 meningkat dari tes kemampuan awal sebesar 70,27 ke siklus I sebesar 77,86, dan siklus II sebesar 84,32. Ketuntasan belajar pada prasiklus sebesar 45,83%, pada siklus I sebesar 75%, dan pada siklus II sebesar 95,83%, maka telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran Fisika materi fluida statis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Hasil belajar, Metode multi representasi |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:38 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14777 |