Peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) melalui manajemen berbasis madrasah

Wiwik, Setiyorini (2022) Peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) melalui manajemen berbasis madrasah. Inspirator Guru, 4 (6): 5. pp. 41-50. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Wiwik Setiyorini_MTsN 2 Melawi_2022-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Wiwik Setiyorini_MTsN 2 Melawi_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (374kB) | Preview

Abstract

Hasil penilaian pratindakan tentang kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) didapatkan data kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) masih rendah.Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari hasil observasi kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) pada siklus I, hasilnya termasuk kategori “baik” dengan rata-rata aspek 1 yakni 2, aspek 2 yakni 2, aspek 3 yakni 1, dan aspek 4 yakni 1.Hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal) sudah baik, akan tetapi perlu peningkatan.Dengan adanya hasil observasi dan penilaian pada kegiatan siklus I maka peneliti melakukan refl eksi. Dari refl eksi terhadap seluruh kegiatan pada siklus I, maka ditemukan beberapa hambatan yang mengakibatkan belum optimalnya kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal).Dapat disimpulkan bahwa upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam menerapkan SPMI yang diukur dengan menggunakan tiga indikator. Dari hasil wawancara supervisor dalam menerapkan SPMI tidak ditemukan masalah yang berarti sehingga pelaksanaan penerapan SPMI dalam rangka pemenuhan mutu yang telah berjalan dengan baik, Hal ini didukung dengan hasil observasi pengawas sekolah sebagai seorang supervisor dalam menerapkan SPMI yang telah dilakukan.Kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal), masingmasing juga ada peningkatan yang ke arah yang lebih baik yaitu: penilaian kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal) berada pada kategori “sangat baik.Dengan melihat hasil pada siklus II, maka refl eksi terhadap hasil yang diperoleh peneliti pada siklus II ini adalah adanya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal). Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dalam penilaian hasil kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal). Sedangkan dari jumlah guru, 100% sudah mencapai kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru dalam pelaksanaan SPMI (sistem penjaminan mutu internal), Manajemen berbasis madrasah
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:36
Last Modified: 10 Mar 2023 01:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item
View Item