Lukman, Hakim (2022) Peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. Inspirator Guru, 4 (6): 4. pp. 31-40. ISSN 2654-2536
Jurnal_Lukman Hakim_SMAN 1 Pagerbarang Tegal_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (425kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui apa peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. (2) Mengetahui apakah peran konselor sebaya terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.Data dianalisis dengan langkah data reduction, display, and conclusion drawing. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada lima peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan, yaitu:(1) Membantu memahami masalah. (2) Berbagi informasi.(3) Mendorong menemukan alternatif pemecahan masalah. (4) Membantu mengambil keputusan. (5) Memberi dukungan. Peran konselor sebaya juga terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa atau teman sebayanya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konselor sebaya, Motivasi |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 01:35 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 01:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14774 |