Peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan

Lukman, Hakim (2022) Peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. Inspirator Guru, 4 (6): 4. pp. 31-40. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Lukman Hakim_SMAN 1 Pagerbarang Tegal_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Lukman Hakim_SMAN 1 Pagerbarang Tegal_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui apa peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. (2) Mengetahui apakah peran konselor sebaya terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.Data dianalisis dengan langkah data reduction, display, and conclusion drawing. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada lima peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan, yaitu:(1) Membantu memahami masalah. (2) Berbagi informasi.(3) Mendorong menemukan alternatif pemecahan masalah. (4) Membantu mengambil keputusan. (5) Memberi dukungan. Peran konselor sebaya juga terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa atau teman sebayanya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konselor sebaya, Motivasi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:35
Last Modified: 10 Mar 2023 01:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item
View Item