Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model kooperatif Jigsaw pada peserta didik kelas IX

N., Mistri (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model kooperatif Jigsaw pada peserta didik kelas IX. Inspirator Guru, 4 (6): 3. pp. 21-30. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_N. Mistri_SMPN 2 Baros_2022-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_N. Mistri_SMPN 2 Baros_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (363kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan nasional negara Republik Indonesia antara lain untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Metode yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik adalah metode koperatif Jigsaw. Penggunaan model Jigsaw secara tepat, diharapkan akan dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif dan aktif dengan hasil yang memuaskan.Hasil belajar IPS peserta didik menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasilevaluasi belajar yang tuntas belajar dari 24 peserta didik (63,16%) pada pratindakan akan menjadi 27 peserta didik (71,05%) pada siklus I, menjadi 31 peserta didik (81,58%) pada siklus II dan menjadi 35 peserta didik (92,11%) pada tes akhir. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 14 peserta didik (36,84%) pada pratindakan menjadi 11 peserta didik (28,95%) pada siklus I, menjadi 7 peserta didik (18,42%) pada siklus II, dan 3 peserta didik (7,89%) pada tes akhir. Dengan demikian metode koperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran koperatif, Metode mengajar, Hasil belajar, Jigsaw
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:33
Last Modified: 10 Mar 2023 01:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item
View Item