Pengaruh karbonat dan EDTA terhadap sorpsi neodimium pada kalsit

Pratomo, Budiman Sastrowardoyo (1993) Pengaruh karbonat dan EDTA terhadap sorpsi neodimium pada kalsit. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Pratomo Budiman_Pusat teknologi pengolahan limbah radioaktif_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Pratomo Budiman_Pusat teknologi pengolahan limbah radioaktif_1993.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari kelakuan radionuklida di geosfir-hidrosfir sebagai studi keselamatan dalam evaluasi jangka panjang penyimpanan limbah radioaktif sisten tanah dalam. Metode statik diadopsi untuk mempelajari pengaruh karbonat dan EDTA terhadap sorpsi neodimium pada kalsit. Neodimium digunakan untuk mensimulasi aktinida valensi 3, sedang kalsit digunakan sebagai contoh mineral ubahan granitik.Karbonat dan EDTA digunakan sebagai model pengompleks anorganik dan organik Hasil menunjukkan bahwa karbonat tidak memberikan pengaruh berarti terhadap sorpsi neodimium pada kalsit, sementara nilai koefisien distribusi tetap tinggi. Pelarutan kalsit pada semua kondisi percobaan memberikan konsentrasi karbonat dalam larutan, pada tingkat yang umumnya ditemukan dalam air alami. Adanya EDTA dalam larutan menurunkan sorpsi tersebut. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat disumbangkan untuk pengayaan bank data, yang setelah dibandingkan dengan metode-metode lain kemudian dapat diaplikasikan dalam model-model migrasi bagi peramalan penyebaran radionuklida ke biosfir. Selanjutnya model-model tersebut diharapkan dapat disumbangkan dalam pemilihan tapak penyimpanan limbah radioaktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Penyimpanan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Penyimpanan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:44
Last Modified: 10 Mar 2023 02:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14770

Actions (login required)

View Item
View Item