Uji penyucian darah (blood clearance) dan ekskresi HEDSPA, STPP dan pirofosfat bertanda ⁹⁹ᵐTc sebagai senyawa penyidik tulang

Nurhayati, T. and A., Hanafiah Ws. and F., X. Sutamo (1993) Uji penyucian darah (blood clearance) dan ekskresi HEDSPA, STPP dan pirofosfat bertanda ⁹⁹ᵐTc sebagai senyawa penyidik tulang. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Nurhayati T_Pusat penelitian teknik nuklir_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nurhayati T_Pusat penelitian teknik nuklir_1993.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Pada umumnya sebagai penyidik tulang, senyawa fosfat membutuhkan waktu yang relatif lama agar tertimbun memadai di dalam. jaringan tersebut Untuk dosis keradioaktifan yang relatif tinggi dibandingkan dengan sediaan radiofarmasi lain dan kurun waktu penimbunan yang relatif lama itu, di rasakan perlu untuk mempertimbangkan akan beban radiasi interna yang mungkin diterima oleh pemakai. Untuk itu perlu dipelajari uji laju penyucian darah (blood clearance) dan kecepatan pembuangan (ekskresi) melalui urin dari senyawa fosfat-⁹⁹ᵐTc itu. Hewan percobaan yang digunakan ialah kelinci putih dewasa. Setiap hewan memperoleh satu mCi untuk setiap macam senyawa fosfat dan diberikan secara intravena. Laju penyucian darah dan ekskresi melalui urin, ditentukan dengan menghitung keradioaktifan yang diumumkan kembali di dalam kedua substansi tersebut pada selang waktu tertentu. Hasil percobaan menunjukkan bahwa untuk laju penyucian darah, urutan dari cepat ke lambat ialah HEDSPA, Pirofosfat dan STPP, sedangkan urutan laju ekskresi melalui urin ialah kebalikan dari keadaan sebelumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Isotop dan Radiasi > Produksi Isotop dan Sumber Radiasi > Teknik Produksi Radiofarmaka
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:37
Last Modified: 10 Mar 2023 02:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item
View Item