QuART sebuah sistem dosimeter untuk pesawat akselerator linier medik

Nasukha, Nasukha (1993) QuART sebuah sistem dosimeter untuk pesawat akselerator linier medik. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Nasukha_Pusat Standardisasi dan penelitian keselamatan radiasi_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nasukha_Pusat Standardisasi dan penelitian keselamatan radiasi_1993.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Akselerator linier medik andalah suatu pesawat radioterapi yang menghasilka nberkas foton atau elektron berenergì tinggi. Satu dari sekian banyak masalah dalam penggunaan pesawat ini adalah dalam mendapatkan keseragaman berkas seluas daerah perlakuan terapi. Tingkat keseragaman berkas ini harus dicek secara rutin untuk meyakinkan bahwa berkas radiasi ada pada tingkat ynng dapat diterima sesuai dengan Program Jaminan Kualitas. Sebuah sistem yang disebut QuART,telah dirancang dan dibuat yang diantaranya akan digunakan untuk keperluan pendeteksian Faktor Kalibrasi Satuan Monitor (FKSM) dan keseragaman berkas radiasi yang dihasilkan oleh pesawat akselerator linier medik. Sistem ini terdiri darì sedereten. 7 QuART detektor kaamar pengion keping sejajar dan 7 saluran elektrometer. Karakteristik sistem dirancang, dibuat, dan dites bukan untuk keperluan dosimeter standar. Efisiensi pengumpulan ion ditemukan sebesar 99,2%. Stabilitas dan tingkat kebocorannya selama periode waktu tertentu kecil dan tetap. Sehingga QuART dapat diterima sebagai sistem dosimeter untuk pendeteksian secara rutin FKSM dan keseragaman berkas radiasi yang dihasilkan oleh pesawat akselerator linier medik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Dosimetri Radiasi
Divisions: BATAN > Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:33
Last Modified: 10 Mar 2023 02:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item
View Item