Peningkatan hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia pada tema kegemaranku menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas I

Erni, Erni (2022) Peningkatan hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia pada tema kegemaranku menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas I. Inspirator Guru, 4 (6): 1. pp. 1-10. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Erni_SDN 002 Batu Ampar Kota Batam_2022-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Erni_SDN 002 Batu Ampar Kota Batam_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri 002 Batu Ampar adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema Kegemaranku di kelas 1B, hal itu dikarenakan guru masih menggunakan pola pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan penugasan sesuai yang ada di buku siswa. Berdasarkan nilai hasil belajar pada aspek kognitif pembelajaran tematik subtema Kegemaranku di distribusikan ke dalam 2 mata pelajaran yaitu, Matematika dan Bahasa Indonesia. Pada pembelajaran Matematika presentase ketuntasan belajar siswa yaitu 20% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,68. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 24%, dengan nilai rata-rata kelas 62,96. Hasil belajar siswa dikatakan masih rendah karena sebagian besar siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Kegemaranku dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas 1B SD Negeri 002 Batu Ampar Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refl eksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berjalan baik karena dapat meningkatkan hasil belajar menunjukan peningkatan pemahaman siswa pada pra siklus memperoleh persentase hasil belajar yakni sebesar 57,5 dengan prosentasi 34,4%; pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 70,8 dengan prosentase 68,8%; dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan menjadi 79,7 dengan prosentase 87,5%. Peningkatan hasil belajar juga terbukti dari mata pelajaran matematika yakni 58,4 pada kondisi awal dengan prosentase 28,1%; kemudian pada siklus I sebesar 68,8 dengan prosentase 59,4%, dan meningkat menjadi 78,3, dengan prosentase 84,4% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model pembelajaran STAD
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:29
Last Modified: 09 Mar 2023 05:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item
View Item