Adi, Sasono and Ari, Istanti (2022) Strategi pengembangan produk ladrang cap mahkota UD Hadi Barokah. Jurnal Javanica : Jurnal Terapan Agribisnis, 1 (1): 3. pp. 21-32. ISSN 2963-8186
Jurnal_Adi Sasono_Politeknik Negeri Banyuwangi_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (352kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal dalam pengembangan produk ladrang cap mahkota di UD Hadi Barokah Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa UD Hadi Barokah memiliki empat kekuatan, empat kelemahan, empat peluang, dan tiga ancaman dengan nilai IFEadalah 2,558 dan nilai EFE adalah 2,874. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa produk ladrang berada di posisi kuadran V, kondisi ini tergolong ke dalam Hold and Maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan strategi yang dapat direkomendasikan kepada pemilik UD Hadi Barokah, yaitu memperluas pemasaran dengan mempertahankan produk terjangkau, bergabung dengan asosiasi, memperbaiki kemasan produk, menambah inovasi rasa produk, melakukan promosi melalui media sosial, memaksimalkan modal untuk menghadapi kenaikan harga bahan baku, melakukan kegiatan promosi dengan memberikan diskon dan menjaga kepercayaan konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ladrang, Strategi Pengembangan Produk, UD Hadi Barokah |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 05:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 05:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14748 |