Heap leaching bijih uranium asal Eko Remaja skala pilot

Faizal, Riza and Hafni, Lissa Nuri (1993) Heap leaching bijih uranium asal Eko Remaja skala pilot. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Faizal Riza_Pusat pengembangan bahan galian nuklir_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Faizal Riza_Pusat pengembangan bahan galian nuklir_1993.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Heap leacing adalah suatu proses pengambilan uranium dari bijih dengan cara diam. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan data yang didapat dari proses pelindian diam skala laboratorium dengan metode semprot sirkulasi. Bijih uranium tipe BM 179 TSIV dengan ukuran rata-rata, 3 cm ditumpuk dalam bak pelindian, kemudian larutan asam disemprotkan selama 3 bulan terus menerus. Penelitian ini dilakukan dengan mempertahankan kondisi asam pada pH 1-1.4 ; EH 400-450 mv dan setiap 2 (dua) hari sekali larutan contoh diambil untuk dianalisis U , Fe²⁺ , Fe³⁺ , Si dan pengotor lainnya. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelindian diam metode semprot sirkulasi baik dipakai untuk melindi bijih uranium asal Eko Remaja percobaan l dengan kondisi operasi sebagai berikut: konsumsi H₂SO₄ = 65 kg/ton; konsumsi H₂O2 0,7 kg/ton; waktu pelindian = 3 bulan: kecepatan alir 20 l/menit; temperatur = 27 °C dan ukuran bijih rata-rata 3 cm dengan recovery pengambilan uranium = 55% dan jika ditinjau dari capital cost dan operation cost proses pelindian diam lebih ekonomis dibanding dengan proses pelindian dinamik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Penambangan Bahan Galian Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Penambangan Bahan Galian Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:58
Last Modified: 03 Mar 2023 06:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item
View Item