Implementasi alat peraga abang oleng pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku di jenjang sekolah dasar

Mevianda Cahya Resqueta (2022) Implementasi alat peraga abang oleng pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku di jenjang sekolah dasar. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (2): 7. pp. 129-135. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Mevianda_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022_0502129135-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mevianda_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022_0502129135-7.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Alat peraga merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan tujuan mengurangi keabstrakan konsep matematika. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui implementasi alat peraga abang oleng terhadap hasil belajar matematika jenjang Sekolah Dasar pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design menggunakan pre-test dan post-test. Siswa kelas 1 SD Tunas Bhakti 26 Surabaya dan SD Unggulan Al Multazam Surabaya terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik test untuk mendapatkan hasil belajar siswa, sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, Maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan alat peraga abang oleng pada mata pelajaran pengukuran berat tidak baku sangat baik digunakan dijenjang sekolah Dasar ditinjau dari hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Abang Oleng, Hasil Belajar, Pengukuran Berat Tidak Baku
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Diana Permata Sari
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:16
Last Modified: 01 Mar 2023 03:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14651

Actions (login required)

View Item
View Item