Mevianda Cahya Resqueta (2022) Implementasi alat peraga abang oleng pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku di jenjang sekolah dasar. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (2): 7. pp. 129-135. ISSN 2621-1203
Jurnal_Mevianda_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022_0502129135-7.pdf
Download (308kB) | Preview
Abstract
Alat peraga merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan tujuan mengurangi keabstrakan konsep matematika. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui implementasi alat peraga abang oleng terhadap hasil belajar matematika jenjang Sekolah Dasar pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design menggunakan pre-test dan post-test. Siswa kelas 1 SD Tunas Bhakti 26 Surabaya dan SD Unggulan Al Multazam Surabaya terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik test untuk mendapatkan hasil belajar siswa, sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, Maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan alat peraga abang oleng pada mata pelajaran pengukuran berat tidak baku sangat baik digunakan dijenjang sekolah Dasar ditinjau dari hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Abang Oleng, Hasil Belajar, Pengukuran Berat Tidak Baku |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Diana Permata Sari |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 05:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 03:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14651 |