Usaha pembinaan peningkatan kualitas guru dalam menyusun RPP oleh pengawas sekolah melalui progam CLCK

Hermas Majiko (2022) Usaha pembinaan peningkatan kualitas guru dalam menyusun RPP oleh pengawas sekolah melalui progam CLCK. Jurnal Inspirator Guru, 4. pp. 71-80. ISSN 2654-2536

Full text not available from this repository.

Abstract

Walaupun format RPP sudah disederhanakan akan tetapi pada kenyataannya yang dijumpai di lapangan bahwa masih banyak guru yang belum mampu menyusun RPP. Hal ini peneliti ketahui berdasarkan hasil supervisi dan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari guru melalui Whatsapp tentang apa dan bagaimana menyusun RPP yang baik sesuai peraturan kurikulum merdeka. Oleh karenanya pengawas sekolah hendak melaksanakan progam CLCK agar guru mampu menyusun RPP, dan selanjutnya diharapkan guru dapat melaksanakan pembelajaran layaknya pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana yang ditulis dalam RPP. Oleh karena itu, perlu diberikan informasi kepada guru tentang bagaimana menyusun RPP. Selanjutnya peneliti memilih metode yang sesuai dalam membina guru menyusun RPP, metode tersebut adalah progam CLCK.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (school action research). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Tobelo. Pemilihan tempat ini di mana peneliti bertugas sebagai pengawas sekolah di sekolah binaan tersebut. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Kristen Tobelo. Pengawas sekolah mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas semua guru, di samping itu juga guru diminta mengisi daftar kehadiran yang diisi setiap hari untuk mengetahui jam keberangkatan dan kepulangan dari semua guru di SMP Kristen Tobelo. Kemudian mendokumentasikan hasil pengamatan tersebut.Pada prasiklus peneliti baru mengamati seberapa besar kualitas guru dalam menyusun RPP dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata cuma 4,7 artinya
kualitas guru dalam menyusun RPP kurang baik.Dilihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari prasiklus ke siklus I, di mana hasil skor rata-rata observasi prasiklus hanya mencapai skor 4,7 sementara pada siklus I mencapai 9,15 yang artinya kualitas guru dalam menyusun RPP baik. Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 11,2 artinya kualitas guru dalam menyusun RPP sangat baik. Progam CLCK dalam meningkatkan kualitas guru dalam menyusun RPP.
Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, Progam CLCK sangat efektif untuk meningkatkan kualitas guru dalam menyusun RPP, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas guru dalam menyusun rpp, progam clck
Subjects: Administration & Management
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:07
Last Modified: 23 Feb 2023 03:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item
View Item