Lukman, Hakim (2022) Peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. Jurnal Inspirator Guru, 4 (6). pp. 31-40. ISSN 2654-2536
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui apa peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan. (2) Mengetahui apakah peran konselor
sebaya terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Data dianalisis dengan langkah data reduction, display, and conclusion drawing. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada lima peran konselor sebaya dalam meningkatkan motivasi
siswa melanjutkan pendidikan, yaitu:(1) Membantu memahami masalah. (2) Berbagi informasi. (3) Mendorong menemukan alternative pemecahan masalah. (4) Membantu mengambil
keputusan. (5) Memberi dukungan. Peran konselor sebaya juga terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa atau teman sebayanya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konselor sebaya, Motivasi |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 09:02 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 09:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14640 |