Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model kooperatif jigsaw pada peserta didik kelas IX

N. Mistri, N. Mistri (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model kooperatif jigsaw pada peserta didik kelas IX. Jurnal Inspirator Guru, 4 (6). pp. 21-30. ISSN 2654-2536

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan pendidikan nasional negara Republik Indonesia antara lain untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Metode yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik adalah metode koperatif Jigsaw. Penggunaan model Jigsaw secara tepat, diharapkan akan dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif dan aktif dengan hasil yang memuaskan. Hasil belajar IPS peserta didik menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil
evaluasi belajar yang tuntas belajar dari 24 peserta didik (63,16%) pada pratindakan akan menjadi 27 peserta didik (71,05%) pada siklus I, menjadi 31 peserta didik (81,58%) pada siklus II dan menjadi 35 peserta didik (92,11%) pada tes akhir. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 14 peserta didik (36,84%) pada pratindakan menjadi 11 peserta didik (28,95%) pada siklus I, menjadi 7 peserta didik (18,42%) pada siklus II, dan 3 peserta didik (7,89%) pada tes akhir. Dengan demikian metode koperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran koperatif, Metode mengajar, Hasil belajar, Jigsaw
Subjects: Administration & Management
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:35
Last Modified: 22 Feb 2023 08:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item
View Item