N. Mistri, N. Mistri (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui model kooperatif jigsaw pada peserta didik kelas IX. Jurnal Inspirator Guru, 4 (6). pp. 21-30. ISSN 2654-2536
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan pendidikan nasional negara Republik Indonesia antara lain untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Metode yang dianggap dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik adalah metode koperatif Jigsaw. Penggunaan model Jigsaw secara tepat, diharapkan akan dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif dan aktif dengan hasil yang memuaskan. Hasil belajar IPS peserta didik menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil
evaluasi belajar yang tuntas belajar dari 24 peserta didik (63,16%) pada pratindakan akan menjadi 27 peserta didik (71,05%) pada siklus I, menjadi 31 peserta didik (81,58%) pada siklus II dan menjadi 35 peserta didik (92,11%) pada tes akhir. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 14 peserta didik (36,84%) pada pratindakan menjadi 11 peserta didik (28,95%) pada siklus I, menjadi 7 peserta didik (18,42%) pada siklus II, dan 3 peserta didik (7,89%) pada tes akhir. Dengan demikian metode koperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran koperatif, Metode mengajar, Hasil belajar, Jigsaw |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:35 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14639 |