Nasyariah, Siregar and Syahrani, Novia Siregar and Cantika, Alisia Larastiti and Husnul, Abid Nurdin (2022) Meta analisis penerapan model problem based learning pada jenjang sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 8. pp. 183-192. ISSN 2962-746X
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD_Nasyariah Siregar_Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.pdf
Download (215kB) | Preview
Abstract
Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya menjadikan pembelajaran tidak efektif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google scholar dan studi dokumentasi diperpustakaan. Sumber data penelitian dari 6 jurnal dan 2 skripsi mahasiswa.Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis,diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 8,9% mengalami peningkatan menjadi 83,3% diperoleh rata-rata peningkatan sebesar 30%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah, Meta-analisis, Hasil belajar siswa Pembelajaran IPS |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:23 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14574 |