Penilaian pembelajaran tematik berbasis portofolio siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah

Irma, Nur Af’idah and Ma’rufah, Ma’rufah (2022) Penilaian pembelajaran tematik berbasis portofolio siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 7. pp. 171-181. ISSN 2962-746X

[thumbnail of Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD _Irma Nur Af’idah_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati.pdf]
Preview
Text
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD _Irma Nur Af’idah_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian portofolio di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualiatif.Subyek penelitian adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Objek dalam penelitian ini adalah penilaian portofolio kelas 5. Waktu penelitian adalah April 2022. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) isi penilaian portofolio yang terdapat dalam muatan pelajaran, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, dan Seni Budaya adalah tugas individu dan tugas kelompok; (2) Kriteria dalam penilaian portofolio yang dilakukan di kelas 5Madrasah Ibtidiyah Gerit Cluwak Pati mendasar pada kritera penilaian yang ada dalam kurikulum dan RPP; (3) Guru memiliki buku penilaian sendiri sehingga pencapaian yang diperoleh oleh siswa tersusun secara rapi dan jelas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian portofolio, Pembelajaran tematik, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Yayan Sofyan
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:26
Last Modified: 15 Feb 2023 03:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item
View Item