Irma, Nur Af’idah and Ma’rufah, Ma’rufah (2022) Penilaian pembelajaran tematik berbasis portofolio siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 7. pp. 171-181. ISSN 2962-746X
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD _Irma Nur Af’idah_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati.pdf
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian portofolio di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualiatif.Subyek penelitian adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Falah Gerit Cluwak Pati. Objek dalam penelitian ini adalah penilaian portofolio kelas 5. Waktu penelitian adalah April 2022. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) isi penilaian portofolio yang terdapat dalam muatan pelajaran, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, dan Seni Budaya adalah tugas individu dan tugas kelompok; (2) Kriteria dalam penilaian portofolio yang dilakukan di kelas 5Madrasah Ibtidiyah Gerit Cluwak Pati mendasar pada kritera penilaian yang ada dalam kurikulum dan RPP; (3) Guru memiliki buku penilaian sendiri sehingga pencapaian yang diperoleh oleh siswa tersusun secara rapi dan jelas
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian portofolio, Pembelajaran tematik, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:26 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14573 |