Fuad, Fitriawan and Rinesti, Witasari and Miftahuddin, Miftahuddin (2022) Pembelajaran base approve environment sebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA siswa madrasah ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 5. pp. 151-160. ISSN 2962-746X
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD_Fuad Fitriawan_Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo.pdf
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Base Approve Environment (berbasis lingkungan) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) yang berorientasi pada pemberian pengalaman secara langsung. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif. Subjek penelitian ialah guru dansiswa kelas 4 MI Tarbiyatul Islam Coper. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA kelas 4 MI Tarbiyatul Islam Coper di masa pandemi covid-19 melalui pembelajaran bauran (daring dan luring) berjalan cukup baik. Pembelajaran luring dengan Base Approve Environment dilaksanakan di sekolah dengan cara guru mengenalkan objek tumbuhan yang hendak dipelajari kemudian siswa diminta guru mempresentasikan hasil belajarnya kepada teman-temanya.Sementara pembelajaran Base Approve Environment secara daring menggunakan grup whatsapp dengan cara guru memberikan materi dilanjutkan pemberian tugas berupa video presentasi siswa terkait bentuk dan fungsi tubuh tumbuhan. Hasil penerapan pembelajaran Base Approve Environment pada mata pelajaran IPA kelas 4MI Tarbiyatul Islam Coper menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa baik pada ranah pengetahuan, keaktifan, kerjasama, maupun tanggung jawab dalam kelompok.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Base approve environment, Hasil belajar, Mata pelajaran IPA |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 04:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14569 |