Mei, Rahmawati and Muhammad, Maskur Musa (2022) Kegagalan pembelajaran tematik pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 4. pp. 141-150. ISSN 2962-746X
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD _Mei Rahmawati_Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.pdf
Download (182kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan metode dalam pembelajaran yang menghubungkan dan mengintegrasikan materi pendidikan dari satu bidang atau lintas disiplin ilmu dengan tuntutan dan harapan lingkungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi permasalahan kesenjangan antara realita dengan idealita dalam pembelajaran tematik pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, artikel, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegagalan pada pembelajaran tematik di jenjang sekolah dasar terjadi karena faktor guru dan siswa. Faktor guru karena adanya ketidaksiapan guru dalam menerima kurikulum baru (pembelajaran tematik),kurangnya perencanaan, serta alat dan bahan yang kurang mendukung. Sementara dari faktor siswa yakni kesulitan belajar karena materi terlalu banyak, siswa merasa bingung, dan pasif saat menjawab pertanyaan guru. Beberapa hal yang menghambat siswa untuk mempelajari topik tertentu, antara lain sikap,pemahaman, kapasitas intelektual, dan perhatian orang tua terhadap siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegagalan pembelajaran tematik, Sekolah dasar, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 04:11 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 04:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14568 |