Syafa'atul, Khusna and Lailatul, Mufridah and Ni'matu, Sakinah and Aan, Fadia Annur (2022) Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (2): 1. pp. 101-112. ISSN 2962-746X
Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MISD_Syafa afnul khusna_Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.pdf
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasikan perencanaan dan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sertahambatan dan pendukung dalam implementasi program tersebut. Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Salakbrojo dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas. Dalam pengimplementasian gerakan literasi sekolah kepala sekolah memiliki andil yang sangat besar mengingat kebijakan pemerintah memperbolehkan setiap lembaga sekolah mengembangkan program-program yang telah disepakati oleh pemerintah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi diSD Negeri Salakbrojo dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa. Produk program Gerakan Literasi di SD Negeri Salakbrojo adalah kegiatan membaca buku 15 menit, membaca 3 surah dalam juz 30 selama 15 menit setia ppagi, dan kunjungan perpustakaan setiap jam istirahat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan literasi sekolah; Minat baca; Sekolah Dasar |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Yayan Sofyan |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 04:30 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 04:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14565 |