Pengaruh suhu pemanasan dan tingkat perolan terhadap kecepatan pertumbuhan butir dan pengintian zirkaloy-4

Dani Gustaman S and Saeful Hidayat and Deni Juanda AS and Efrizon U (1993) Pengaruh suhu pemanasan dan tingkat perolan terhadap kecepatan pertumbuhan butir dan pengintian zirkaloy-4. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Dani Gustaman S_Pusat penelitian teknik nuklir_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Dani Gustaman S_Pusat penelitian teknik nuklir_1993.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Bahan Struklur Elemen Bakar Nuklir(EBN), khususnya yang terbuat dari zirkaloy-4 harus memiliki sifat-sifat tertentu yang disyaratkan [1.2). Sifat-sifat tersebut dapat diprediksi dengan mengetahui perilku pengintian dan pertumbuhan butirnya. Pada penelitian ini perilaku pengintian dan pertumbuhan butir telah dipelajari dengan mengetahui kecepatan pongintian dan pertumbuhan butir pada berbagai suhu pemanasan dan tingkat perolan. Diketahui bahwa pertambahan kecepatan pengintian dan pertumbuhan butir eksponensial terhadap pertambahan suhu dan diketahui pula bahwa pada tingkat perolan yang lebih besar, kecepatan pengintian dan pertumbuhan butir mempunyai harga yang lebih besar dengan waktu inkubasi yang lebih singkat Aspek teknis yang diperoleh adalah bahwa zirkaloy-4 dengan tingkat perolan 19-48 % efektif dianil pada selang suhu 500-900°C untuk mendapatkan butir baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 10 Feb 2023 12:19
Last Modified: 13 Feb 2023 03:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item
View Item