Identifikasi pola pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 menggunakan teknik data mining

Wilem Musu and Wayan Simpen and Indra Samsie (2021) Identifikasi pola pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 menggunakan teknik data mining. Jurnal Pekommas: 2. pp. 11-19. ISSN 2502-1893

[thumbnail of Wilem Musu_Jurnal_Pekommas_Special Issue 2021_2502-1893-2.pdf]
Preview
Text
Wilem Musu_Jurnal_Pekommas_Special Issue 2021_2502-1893-2.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan model pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi Covid-19 dan terbukti efisien. Peningkatan kualitas pembelajaran daring terus dilakukan agar supaya model ini tidak saja efisien tetapi juga efektif ketika mahasiswa dan dosen berada di rumah masing-masing untuk proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola yang terjadi pada pembelajaran daring untuk menemukan media dan metode pembelajaran yang dapat digunakan dosen sehingga proses pembelajaran menjadi efektif. Dengan menggunakan pendekatan data mining dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei online, pola yang teridentifikasi menyatakan bahwa media pembelajaran Google Meet, Video Pembelajaran, dan Zoom Meeting memiliki relasi yang kuat untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Demikian pula dengan pola pada metode pembelajaran, hasil identifikasi mengungkapkan bahwa metode ceramah yang disertai diskusi, dapat membantu mahasiswa memahami dan mengerti materi perkuliahan yang diajarkan karena metode tersebut memiliki relasi yang kuat. Dengan hasil yang diperoleh diharapkan dapat menjadi acuan bagi para dosen untuk menyusun strategi pembelajaran daring yang efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identifikasi pola, Media pembelajaran, Metode pembelajaran, Pembelajaran daring, Data mining.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:46
Last Modified: 15 Feb 2023 01:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item
View Item