Simulasi komposisi komposit elastis karet alam senyawa boron untuk proteksi radiasi neutron

Sri Mulyono, Atmojo (2001) Simulasi komposisi komposit elastis karet alam senyawa boron untuk proteksi radiasi neutron. In: Prosiding Seminar Nasional Hamburan Neutron dan Sinar X Ke 4, 6 Juni 2001, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Sri Mulyono_PTBBN_2001.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sri Mulyono_PTBBN_2001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan simulasi perancangan shielding elastis dari karet alam senyawa boron. Rancangan shielding ini berupa komposit yang berukuran 15 x 15 . dengan variasi komposisi senyawa boron dari 25 part per one hundred rubber (pphr) sampai dengan 225 pphr. Selain itu dibuat simulasi komposisi senyawa boron dari 25 - 225 pphr, sedangkan berat karet alam dan B4C tetap, masing-masing ICO gram dan 25 gram. Senyawa boron %--z€an adalah H2B03, Na2B407J 8203 dan B4C. Dari hagil perhitungan menunjukkan bahwa komposit senyawa boron B203 dan BC koefisien penampang lintang serapan cukup besar. Sedangkan simulasi B4C dengan senyawa yang lain menunjukkan bahwa dengan komposisi SC hanya 25 pphr yang dicampur dengan senyawa yang lain dapat diperoleh pula koefisien penampang lintang serapan neutron yang :s..z :esz Oleh karena itu, dengan gambaran yang diperoleh dari simulasi tersebut, dimungkinkan untuk memilih dan menetapkan komposisi senyawasenngga dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembuatan shielding/bahan proteksi radiasi neutron.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 03 Feb 2023 12:14
Last Modified: 03 Feb 2023 12:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

View Item
View Item