Peran perakaran dan serasah tanaman mahoni (Swietenia macrophylla), jabon (Anthocephalus cadamba), dan trembesi (Samanea saman)terhadap pembentukan makroporositas tanah

Agung, Sri Darmayanti and Ridesti, Rindyastuti (2016) Peran perakaran dan serasah tanaman mahoni (Swietenia macrophylla), jabon (Anthocephalus cadamba), dan trembesi (Samanea saman)terhadap pembentukan makroporositas tanah. In: g Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 26 Maret 2016, Malang.

[thumbnail of Prosiding_Ridesti_Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan_596606.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ridesti_Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan_596606.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Makroporositas tanah merupakan suatu sifat fisika tanah yang dapat dipelihara untuk meningkatkan laju infiltrasi air hujan ke dalam tanah. Makroporositas dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya sifat akar dan serasah yang dihasilkan oleh tegakan pohon yang tumbuh di atasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kuantitas akar dan serasah jenis pohon terhadap sifat makroporositas tanah di sekitar tegakan pohon tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kebun Raya Purwodadi dan beberapa spesies pohon yang diuji adalah mahoni (Swietenia macrophylla), jabon (Anthocephalus cadamba), dan trembesi (Samanea saman). Kuantitas akar yang diuji meliputi panjang akar (LRV) dan berat akar (DRV). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengeboran tanah pada beberapa kedalaman, kemudian pengukuran dilakukan melalui metode line interception. Makroporositas diuji dengan menuangkan larutan metilen blue ke dalam tanah pada luasan tertentu kemudian dipetakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai makroporositas mahoni paling besar (2,48 %) diantara tanaman yang diteliti, nilainya berbeda nyata bila dibandingkan dengan jabon (0,59 %) dan trembesi (0,51%). Mahoni juga memiliki berat akar (DRV) yang besar. Namun, berdasarkan analisis korelasi regresi antara LRV-DRV dengan makroporositas, tidak ada hubungan yang signifikan kecuali LRV jabon terhadap makroporositasnya. Hubungan yang tidak signifikan ini mengindikasikan bahwa makroporositas pada ketiga jenis tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor sifat fisika dan kimia tanah awal serta kualitas serasah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: LRV, DRV, Serasah, Makroporositas
Subjects: Medicine & Biology > Botany
Divisions: OR_Hayati_dan_Lingkungan > Konservasi_Tumbuhan_Kebun_Raya_dan_Kehutanan
Depositing User: - Patmiati -
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:10
Last Modified: 01 Feb 2023 07:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item
View Item