Profil radionuklida kontaminan pada filter skimer air kolam dan kanal fasilitas KH-IPSB3

Titik Sundari and Darmawan Aji (2018) Profil radionuklida kontaminan pada filter skimer air kolam dan kanal fasilitas KH-IPSB3. In: Hasil Penelitian dan Kegiatan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Tahun 2017, 20-21 Maret 2018, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Titik_PTLR_2017.pdf] Text
Prosiding_Titik_PTLR_2017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kontaminasi dalam air kolam maupun kanal fasilitas kanal hubung-instalasi penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas harus dikendalikan sekecil mungkin untuk menghindari kontaminasi terhadap pekerja radiasi dan peralatan. Pemurnian air permukaan yang dilakukan pada air kolam dan kanal dilakukan menggunakan alat skimer. Tuiuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui profil kontaminan pada filter skimer melalui analisis kandungan radionuklida pada kain filter skimer. Filter skimer kolam dan kanal dioperasikan pada rentang waktu tertentu kemudian dianalisis kandungan radionuklidanya menggunakan spektrometer gamma Multy Channel Analyzer (MCA). dapat diketahui profil radionuklida kontaminan yang tertangkap dalam kain filter skimer kolam dan kana!. Hasil menunjukkan bahwa terdapat kontaminan radionuklida hasil fisi/belah dan radionuklida hasil aktivasi. Radionuklida hasil fisi yang berumur panjang, Cs 137 muncul pada tahun 2016 maupun 2017, tetapi Sb-125 hanya terdeteksi sekali pada tahun 2016 saja. Radionuklida hasil aktivasi berumur panjang. Co-60 selalu muncul, sedangkan Eu-154 muncul 2 kali dan hanya pada air kolam. Radionuklida hasil fisi berumur pendek, 1-131 dan Cs-136 selalu muncul selama tahun 2017. Radionuklida hasil aktivasi berumur pendek banyak terdeteksi pada tahun 2017 yaitu As-76, Nd-147, Co-57, Zr 95. Fe-59. Tb-160 dan Co-60. Hasil kegiatan ini juga bermanfaat sebagai salah satu database untuk mengkaji kualitas air kolam dan kanal fasilitas instalasi penyimpanan sementara bahan bakar nuklir bekas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Analisis radioaktivitas, Filter skimer, Air kolam dan kanal, Bahan bakar nuklir bekas.
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: Mr Moh Widya -
Date Deposited: 06 Jan 2023 09:39
Last Modified: 06 Jan 2023 09:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item
View Item